5 Langkah Mudah Memulai Berjualan Secara Dropship di Tokopedia

cara mudah dropship tokopedia

5 Langkah Mudah Bisnis Dropship di Tokopedia – Berjualan online saat ini semakin banyak diminati oleh banyak orang, menyusul tingginya pengguna internet di Indonesia serta tuntutan dari situasi saat ini dengan banyaknya orang yang terkena phk akibat pandemi corona yang menuntut setiap kalangan untuk mengurangi tatp muka. 
Dari sekian banyak peluang usaha yang ada, jualan online menjadi pilihan yang mudah dikerjakan. Dengan sistem ini, seorang pedagang online tidak perlu memiliki stok produk untuk berjualan.

Banyak Keunggulan dari jualan online secara dropship Selain tanpa harus memiliki stok, anda juga tidak perlu direpotkan dengan proses pengiriman produk yang berhasil dijualnya. Pengemasan dan pengiriman produk kepada pembeli, dilakukan semua oleh pihak supplier atau pemasok.

Pada alamat pengirim yang tertera pada kemasan produk yang dikirim ke pembeli, juga tercatat dengan nama toko penjual milik dropshipper, dengan demikian buyer tidak akan mengetahui bahwa produk tersebut sebenarnya dikirim langsung oleh supplier.

Lalu, di mana sih tempat kita bisa berjualan online dengan sistem dropship ini? Di Indonesia, ada beberapa platform marketplace yang memberikan kesempatan kepada masyarakat untuk ikut berbisnis dengan sistem dropship ini. Dan Salah satu marketplace yang akan kita bahas kali ini adalah Tokopedia.
Cara Menjadi Dropshipper di Tokopedia

Berikut ini ada 7 langkah mudah untuk memulai berjualan dengan sistem dropship di Tokopedia.

1. Menentukan Jenis Produk yang akan Kita Dijual

Langkah ini adalah langkah yang wajib dilakukan untuk memulai berjualan online. Menentukan produk yang akan dijual ini tidak boleh asal, karena ini menjadi salah satu faktor penting yang menentukan laris atau tidaknya toko online kita di Tokopedia nantinya. Anda bisa memanfaatkan Google Trends atau mesin pencari seperti Google, yahoo atau bing untuk melihat produk apa yang sedang banyak diminati oleh pengguna internet.

Selain itu, Anda juga bisa mencari produk apa yang paling laris dengan mengunjungi halaman beranda Tokopedia. Dengan melihat produk yang masih banyak pencariannya atau biasa disebut hot list, Anda bisa mengetahui produk apa yang paling laris dalam kurun waktu tertentu.

Untuk cara menentukan jenis produk yang laku dijual di marketplace ini akan kita bahas lebih detail di artikel tersendiri supaya lebih jelas.

Tidak hanya itu, sebaiknya Anda juga hanya fokus pada satu jenis produk saja, misalnya produk pakaian, produk elektronik, produk makanan atau lainnya.

2. Memilih Supplier atau Pemasok

Setelah Anda menentukan jenis produk apa yang akan anda jual, langkah berikutnya adalah mencari supplier yang memiliki produk yang akan Anda jual dengan sistem dropship. Kita harus tahu kriteria - kriteria apa saja yang harus dimiliki oleh seller yang akan kita jadikan supplier kita nanti, diantaranya cek performa, kepuasan pelanggan, kecepatan pengiriman, dan sebagainya. Ini nanti akan kita bahas di artikel terpisah.

3. Registrasi Akun di Tokopedia

Setelah Anda menemukan produk dan supplier yang anda rasa cocok, langkah selanjutnya adalah membuat akun di Tokopedia. Pada proses ini, isikan semua data diri Anda dengan benar, mulai dari nama anda, nomor handphone serta email yang masih aktif karena nantinya tokopedia akan mengirimkan kode verifikasi dan OTP (One Time Password) ke kita melalui email dan hp kita. Buka email dan Lakukan verifikasi dengan cara klik tombol aktivasi akun pada email yang dikirimkan oleh Tokopedia.

4. Membuat Toko di Tokopedia

Setelah Anda berhasil membuat akun di Tokopedia, langkah selanjutnya adalah membuat toko. Isi semua data yang diminta, mulai dari nama toko, slogan serta deskripsi dari toko online anda.

Kemudian kita juga harus menentukan metode pengiriman yang akan kita gunakan untuk mengirim pesanan dari pembeli toko kita nantinya. Pada tahap ini, sesuaikan dengan metode pengiriman apa saja yang bisa dilakukan oleh supplier, karena proses pengiriman produk nantinya ditangani oleh supplier. O iya, untuk lokasi toko online anda juga harus disesuaikan dengan lokasi si supplier ya, misal anda tinggal di Jakarta, sedangkan supplier yang anda pilih ada di Surabaya, maka alamat toko online anda harus mengikuti alamat supplier yaitu Surabaya.

Setelah semua kolom formulir diisi, selanjutnya klik buka toko untuk mengaktifkan. Sampai tahapan ini, Anda sudah berhasil membuat toko online di Marketplace Tokopedia.  

5. Menambahkan Produk di Toko Online Anda

Anda sudah berhasil membuat toko online di Tokopedia. Langkah selanjutnya adalah menambahkan produk.

Untuk menambahkan produk, lakukan klik tombol tambahkan produk, kemudian isi deskripsi produk yang akan Anda jual, seperti nama produk, kategori, minimum pemesanan, harga, berat produk, gambar, dukungan asuransi, serta kondisi dan kebijakan pengembalian barang.

Lalu, klik simpan. Dan produk Anda sekarang sudah bisa dilihat oleh calon pembeli anda.

Itulah tadi, 5 Langkah Mudah Memulai Berjualan Secara Dropship di Tokopedia, semoga bermanfaat.

Belum ada Komentar untuk "5 Langkah Mudah Memulai Berjualan Secara Dropship di Tokopedia"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel