5 Cara Memulai Usaha Pertama Anda Agar Sukses


cara-memulai-usaha

Cara memulai usaha pertama biasanya sangat dibutuhkan para pemula. Berbagai keraguan bisa saja muncul sehingga dapat melemahkannya dalam bertindak. Lantas apa yang harus dilakukan ketika pertama kali Anda hendak membuka sebuah usaha.

Pada postingan kali ini kita akan membahas hal itu. Setidaknya ada 5 hal yang harus Anda perhatikan ketika hendak memulai sebuah usaha.

5 Cara Memulai Usaha Pertama

1. Minat

Anda harus memulai usaha anda dari minat. Anda minat dalam bidang apa? Arsitektur, kuliner, mobil, tanaman, ikan? Semua yang anda minati, bisa jadi ladang usaha anda. Karena anda punya passion tentang hal itu. Anda juga otomatis punya banyak pengetahuan mengenai minat anda itu.

Banyak orang yang kebingungan tentang bagaimana cara menata ruangan di rumah mereka. Jika anda punya minat dalam hal desain interior, maka anda bisa memberikan solusi untuk mereka.

2. Motivasi

Saat ini anda terlilit hutang. Anda belum punya kendaraan yang layak. Harus membayar sekolah anak-anak. Uang belanja bulanan selalu kurang. Ingin liburan tapi tidak punya tabungan. Semua hal bisa anda jadikan motivasi meraih kesuksesan. Dan jadikan usaha bisnis anda jembatan emas menuju kesuksesan.

3. Pendapatan tambahan

Tentu capek kerja seharian dari pagi sampai sore. Tapi ternyata gaji anda hanya cukup sampai pertengahan bulan. Anda harus mencari pendapatan tambahan. Maka segera mulai membangun usaha anda sendiri. Mulai sekarang, mulai dari sekarang, mulai dari yang anda bisa lakukan. Do what you can do now with you have, wherever you are.

4. Jangan terlalu banyak berencana

cara-memulai-usaha

Kebanyakan para pemula sebelum memulai usaha mereka berburu infromasi tentang usaha yang akan meeka buat. Seminar-seminar mereka datangi, buku-buku mereka beli. Dan semua menyarankan hal yang sama: 

Buatlha perencanaan bisnis. Betul anda memang harus membuat bussiness plan. Perencanaan bisnis mutlak perlu. Ingat kata-kata mutiara ini: If you fail to plan you plan to fail.

Kalau anda gagal membuat rencana maka anda berarti berencana gagal. Tapi jangan terjebak dengan perencanaan! Karena itu akan membuat usaha anda tidak segera terwujud. Jangan muluk-muluk membuat rencana agar usaha anda segera berjalan dan kalau sudah berjalan monitor terus usaha anda. Jika perlu evaluasi strategi dan sistemnya. Perbarui rencana usaha anda. Evaluasi lagi dan seterusnya.

5. Optimis

Anda harus memulai usaha dengan penuh percaya diri dan optimis bahwa usaha anda akan sukses. Kalau anda mulai membangun usaha dengan pesimis maka usaha anda pasti gagal. Awali usaha berdasarkan minat, perbekali diri dengan ilmu mengenai usaha yang anda bangun, rencanakan target usaha anda, lakukan apa yang anda rencanakan, evaluasi jalannya usaha anda, optimis dan jangan lupa senantiasa beribadah dan berdoa kepada Tuhan.

Demikian pembahasan mengenai 5 cara memulai usaha pertama Anda, semoga bermanfaat dan sukses selalu untuk Anda para jiwa mandiri.

Belum ada Komentar untuk "5 Cara Memulai Usaha Pertama Anda Agar Sukses"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel